
BADUNG, REPORTASEBALI.ID – Unilever Indonesia memperkenalkan inovasi terbaru di bidang perawatan kulit wajah dan kulit kepala melalui dua merek unggulannya, POND’S dan CLEAR, dalam Pertemuan Ilmiah Tahunan Perhimpunan Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin Indonesia (PIT PERDOSKI) ke-20 yang berlangsung di Nusa Dua, Bali, 10–12 Juli 2025.
Kegiatan yang kali ini digelar dalam skala internasional bersamaan dengan 1st Pan Asia Conference of Dermatology 2025 itu menjadi ajang penting bagi para dokter spesialis kulit dan kelamin dari seluruh Indonesia untuk memperbarui pengetahuan, bertukar informasi, dan berdiskusi mengenai perkembangan ilmu dermatologi dan venereologi.
Dalam sesi simposium ilmiah bertajuk “Unveiling the Scalp & Skin Microbiome: Skin Health and Recent Technological Updates”, Unilever menghadirkan berbagai pakar dermatologi dan tim peneliti internal untuk membahas pentingnya menjaga keseimbangan skin microbiome serta memperkuat scalp barrier.
Ketua Panitia PIT PERDOSKI XX dan Pan Asia Conference, Dr. dr. Ketut Kwartantaya Winaya, Sp.D.V.E., Subsp.O.B.K., FINSDV, FAADV, mengatakan bahwa kerja sama dengan industri seperti Unilever penting untuk menghadirkan solusi berbasis sains kepada masyarakat.
“Berbagai riset yang dilakukan pelaku industri seperti Unilever memberikan banyak insight bagi dunia kedokteran kulit, sekaligus mendukung upaya edukasi dan pemerataan akses informasi kepada masyarakat,” ujar dr. Ketut.
Salah satu pembahasan utama adalah mengenai peran penting skin microbiome dalam menjaga integritas skin barrier. Dr. dr. Eliza Miranda, Sp.D.V.E., Subsp.D.T., FINSDV, FAADV, menjelaskan bahwa gangguan pada keseimbangan mikrobiota kulit dapat memicu berbagai masalah seperti jerawat, kulit kering, dermatitis atopik, hingga penuaan dini.

Menanggapi tantangan tersebut, POND’S melalui Skin Institute memperkenalkan produk Ultra Light Biome Gel, yang dikembangkan sejak 2007 bersama berbagai lembaga riset global. Produk ini mengandung jutaan prebiotik untuk menjaga keseimbangan microbiome dan mempertahankan pH alami kulit hingga 72 jam.
“Inovasi ini hadir dalam dua varian, yaitu Hydra Miracle dengan Cera-Hyamino™ untuk hidrasi dan Bright Miracle dengan Niasorcinol™ untuk mencerahkan kulit,” ujar Matthew Seal, Head of R&D Beauty & Wellbeing Unilever Indonesia.
Tak hanya kulit wajah, Unilever juga menyoroti pentingnya perawatan kulit kepala. Prof. Dr. dr. Sandra Widaty, Sp.D.V.E., Subsp.D.T., FINSDV, FAADV, menegaskan bahwa menjaga kekuatan scalp barrier merupakan kunci untuk mengatasi dan mencegah ketombe.
“Gangguan pada scalp barrier dapat memicu peradangan dan ketombe yang berulang. Solusinya tidak cukup hanya dengan sampo, tetapi juga menggunakan produk leave-on seperti tonic yang dirancang khusus,” katanya.

Dalam kesempatan ini, CLEAR memperkenalkan produk Anti Dandruff Scalp Tonic dengan teknologi ScalpPro Tech™. Produk tersebut mengandung Piroctone Olamine sebagai bahan anti-ketombe, serta Niacinamide dan Hyaluron Complex untuk memperkuat pelindung kulit kepala hingga empat kali lipat.
Matthew Seal menjelaskan bahwa produk ini praktis digunakan karena tidak perlu dibilas, memberikan sensasi dingin dan segar, serta membantu mengurangi ketombe yang tampak jika digunakan secara rutin.
Unilever Indonesia sebelumnya telah menggulirkan program edukasi publik bekerja sama dengan PERDOSKI Cabang Jakarta, salah satunya melalui kampanye CLEAR X Scalp Derma Expert.
Ke depan, perusahaan menyatakan komitmennya untuk terus berkolaborasi dengan para pemangku kepentingan dalam pengembangan riset ilmiah, peningkatan kapasitas dokter spesialis, serta perluasan akses edukasi dermatologi yang merata ke masyarakat.
“Kami percaya bahwa seni merawat kulit dan kulit kepala bukan hanya soal produk, tetapi juga tentang membangun kesadaran, kolaborasi, dan transfer ilmu untuk mendukung kesehatan masyarakat secara menyeluruh,” ujar Matthew.