Pengamanan Konferensi Kelautan Internasional Kerahkan 6.000 Personel

0
169

REPORTASEBALI.COM – Sebanyak 6.000 personel TNI/Polri dikerahkan dalam pengamanan Our Ocean Conference (OOC) yang digelar di Nusa Dua, 29-30 Oktober 2018. Pangdam IX/Udayana Mayjen TNI Benny Susianto menjelaskan, TNI menerjunkan 4.000 personel. Sedangkan, Polri mengerahkan 1.900 personel.

Menurut Pangdam Udayana Mayjen TNI Benny Susianto, pengamanan sudah mulai dilakukan mengingat, beberapa kepala negara ada yang telah tiba di Bali.

“Pola pengamanan wilayah sama, Ring I di tempat-tempat kegiatan dan di tempat akomodasi tamu VVIP menginap,” jelas Benny Susianto saat menggelar gelar pasukan pengamanan OOC di Lapangan Mito Mandala Renon, Denpasar, Jumat, 26 Oktober 2018.

Meski menerjunkan jumlah personel yang lebih sedikit dibandingkan event IMF-WB, namun menurut Benny, TNI AU dan AL tetap menyiapkan alutsista dalam kondisi kontijensi. Sejumlah pesawat dan kapal laut disiapkan untuk evakuasi terhadap kemungkinan kebencanaan.

Hanya saja menurut Benny, Wilayah Bali sebagai wilayah yang terlewati ring of fire, tidak seperti wilayah NTB dan NTT yang lempengan buminya bergerak cukup aktif. Namun begitu, alutsista tetap disiapkan sebagai antisipasi kemungkinan yang terjadi.

Konferensi kelautan internasional itu akan dihadiri oleh 6 kepala negara dan seorang wakil kepala negara, dengan jumlah delegasi mencapai 1908 orang. Event ini menjadi pertemuan terbesar kedua setelah sebelumnya Bali menjadi tuan rumah untuk event IMF-WB. (dyu)