TNI AL Laksanakan Serbuan Vaksinasi Untuk Masyarakat Maritim Gelombang Kedua

0
47
Komandan Lanal (Danlanal) Denpasar Kolonel Laut (P) I Komang Teguh Ardana, S.T., M.A.P. saat menghadiri pelaksanaan Serbuan Vaksin Masyarakat Maritim gelombang kedua di gedung BCT Dermaga Timur Pelabuhan Benoa Bali, Selasa (06/07/2021).

REPORTASEBALI.ID, DENPASAR – Dalam rangka mensukseskan program vaksinasi Nasional pencegahan penyebaran Covid-19, Pangkalan TNI AL (Lanal) Denpasar melaksanakan Serbuan Vaksin Masyarakat Maritim gelombang kedua di gedung BCT Dermaga Timur Pelabuhan Benoa Bali, Selasa (06/07/2021).

Serbuan Vaksin Masyarakat Maritim Pangkalan TNI AL Denpasar untuk wilayah kerja Lanal Denpasar makin gencar dilaksanakan. Kali ini pelaksanaan vaksinasi tersebut menyasar ABK Kapal Ikan Pelabuhan Benoa, masyarakat pesisir wilayah kerja Lanal Denpasar serta Instansi sekitar di Pelabuhan Benoa.

Kegiatan vaksinasi yang kedua kalinya ini (yang pertama dilaksanakan pada tanggal 2 Juli 2021 ditempat yang sama) respon antusias warga masyarakat sangat besar terbukti kuota yang telah disediakan oleh Lanal Denpasar terpenuhi bahkan masih kurang. Dalam penyelenggaraan serbuan Vaksin tahap pertama diikuti tidak kurang dari 500 peserta vaksin dan tahap kedua ini sekitar 600 peserta dengan vaksin yang digunakan jenis Vaksin Sinovac dan Astra Zaneca.

Kegiatan Vaksinasi gelombang kedua tersebut dilaksanakan secara bergantian sesuai prosedur dan tetap menerapkan protokol kesehatan, sehingga seluruh masyarakat yang telah hadir untuk menerima vaksin dapat dilaksnakan dengan lancar dan nyaman. Pelaksanaan vaksinasi sendiri melalui tahapan-tahapan, seperti pendaftaran peserta, pengecekan tekanan darah dan suhu tubuh, skrining hingga akhirnya peserta vaksin menerima suntikan vaksin dan dilanjutkan tahap observasi sebelum dipersilahkan untuk kembali kerumah masing-masing.

Dalam pelaksanaan vaksinasi tersebut melibatkan tenaga medis antara lain dari Balai Kesehatan (BK) TNI AL Lanal Denpasar, Dinkes Kota Denpasar, KKP kelas 1 Pelabuhan Benoa dan Tim Nakes Polresta Denpasar.

Komandan Lanal (Danlanal) Denpasar Kolonel Laut (P) I Komang Teguh Ardana, S.T., M.A.P. dalam penyampaiannya kepada seluruh masyarakat yang hadir agar melaksanakan Vaksinasi karena ini adalah program dari Pemerintah dan upaya memutus rantai penyebaran Covid-19.

“Meskipun kita telah divaksin namun pedoman protokol kesehatan penanganan Covid-19 tetap harus dipedomani dan dilaksanakan dalam beraktivitas sehari-hari serta harus mengikuti protokol kesehatan yang telah ditetapkan mulai dari mencuci tangan, memakai masker dan menjaga jarak, mencegah terjadinya kerumunan, membatasi aktivitas dan meningkatkan imun kita dengan aktivitas seperti olahraga dan makan-makanan yang bergizi” harapnya.

Danlanal juga menjelaskan peserta yang mendaftar vaksin sejumlah 600 orang. Dari jumlah tersebut Alhamdulilah bisa divaksin semua, Danlanal juga menghimbau masyarakat agar mengikuti program vaksinasi ini sebagai upaya agar warga masyarakat memiliki imun atau kekebalan tubuh sehingga tidak rentan tertular COVID-19 di samping taat menerapkan protokol Kesehatan, tegasnya.