Buka Peluang Alternatif Usaha yang Terarah , CCEP dan BEDO Gelar Live Cooking dan Bazar

0
82
Penyerahana hadiah pemenang peserta Medagang Kreatip #2

REPORTASEBALI, DENPASAR – Corporate Affairs Executive Coca-Cola Amatil Indonesia Made Pranata Wibawa Ade Putera mengungkapkan Coca-Cola Europacific Partners (CCEP) Indonesia bekerjasama dengan BEDO (Business & Export Development Organization) menggelar Live Cooking dan Bazar pada Sabtu, 9 Oktober 2021. Bertempat di Jimbaran Hub, kegiatan tersebut dalam rangka mendorong Ekonomi Kreatif saat pandemi Covid-19 dan juga merupakan puncak dari rangkaian Program Medagang Kreatip #2 yang telah berlangsung selama 4 bulan.

“Program Medagang Kreatip #2 Kompetisi Resep Masakan yang diselenggarakan dengan tujuan membuka peluang alternatif usaha yang terarah terutama bagi masyarakat yang terdampak pandemi dengan berinovasi pada bisnis kuliner yang menggunakan produk Coca-Cola Europacific Partners Indonesia sebagai bahan campuran pada masakannya,” ujar Made Pranata.

Dijelaskan Made Pranata, kegiatan diawali dengan pendaftaran peserta pada bulan Juni 2021 dimana peserta mendaftarkan resep kreasi mereka yang beragam dari makanan utama hingga makanan penutup sehingga terseleksi menjadi 31 peserta yang berkesempatan mendapatkan pelatihan dan pendampingan usaha dari coach profesional dengan materi Menghitung HPP, Kemasan, Pemasaran Digital, Hygiene, Keamanan Pangan, dll hingga berkesempatan berdiskusi bersama Pakar Kuliner Indonesia yang dijuluki “Ratu Boga Indonesia” Ibu Sisca Soewitomo.

Selama pelatihan peserta juga mendapatkan tugas dari materi – materi yang diberikan sebagai salah satu indikator penilaian untuk maju ke tahap selanjutnya. Setelah mendapatkan pelatihan bisnis peserta mulai memasarkan produknya dengan didampingi oleh coach yang berpengalaman selama 2 bulan dan penjualan peserta dilaporkan setiap harinya.

Peserta Live Cooking dan Bazar

“Laporan tersebut mengukur seberapa berhasilnya peserta dapat mengenalkan dan memasarkan inovasi produknya melalui media online maupun offline, ini juga merupakan motivasi yang baik bagi UMKM supaya lebih semangat berkembang dan lebih kreati dalam mengolah produk masakan yang mereka punya. Karena disini kita coba mengkombinasikan dengan produk-produk coca-colajuga masuk dalam resep masakan mereka,” ujar Made.

Made Menambahkan, setelah melewati rangkaian programakhirnya terpilih menjadi 10 Besar peserta untuk mengikuti kegiatan Live Cooking dan Bazar yang diselenggarakan untuk lebih memperkenalkan resep kreasi peserta secara langsung kepada masyarakat dan pembuatan video tutorial untuk resep masakan peserta yang akan dipublikasikan dan masakannya dicicipi langsung oleh para juri untuk nantinya bisa terpilih 5 besar pemenang.

Hal yang sama juga disampaikan Ketua BEDO, Dwi Iskandar bahwa 10 UMKM yang sudah terpilih nantinya akan di pilih 5 pemenang. “Dari 5 pemenang nantinya akan kami pilih 3 pemenang yang nantinya akan berikan reward dan akan terus kami pantau bisnisnya, tersu kami promosikan produk mereka dan tidak akan lepas begitu saja. Jadi tidak selesai hari saja tapi tetapkita lakukan pendampigan,” ujarnya.

Kegiatan Live Cooking dan Bazar pun ditutup dengan pengumuman pemenang juara 1-5 dan penyerahan hadiah, maing-masing pemenang yaitu Juara Pertama Ealsya Sejuk Prosapuri P Dapur Mamaca) yang menyajikan resep Fettucini Sprite Saus Tiram, Juara Kedua Nyoman Sari Utami (Sari Khitchen) menyajikan Cake Pudding Pulpy Orange, Juara Ketiga Avrillia Sekar Bumi Setiawati ( Bengkel Roti Cake) menyajikan resep cola Happy Cake, Juara ke empat Gde Wahyudi SP ( Warung Sasti) menyajikan resep Ayam Geprek Sehati dan juara ke lima Ni Made Ayu Sriyanti Warung Jaya Sempurna) mennyajikan Resep Ayam Cola Garangasem.

Ditegaskan Made Pranata, Coca – Cola Europacific Partners Indonesia dan juga BEDO akan terus berkontribusi terhadap Pemulihan Ekonomi Nasional melalui program – program pengembangan bisnis bagi para pelaku usaha.