BI Apresiasi Puluhan Nelayan Wana Segara Kerthi yang sudah Gunakan QRIS

0
681
BI Apresiasi Puluhan Nelayan Wana Segara Kerthi yang sudah Gunakan QRIS

REPORTASEBALI, DENPASAR – Puluhan nelayan dari Kelompok Wana Segara Kerthi, Desa Kedongan Kecamatan Kuta Selatan, Kabupaten Badung, Bali sudah menggunakan QRIS dalam bertransaksi. Hal ini disampaikan oleh Ketua Kelompok Nelayan Wana Segara Kerthi I Nyoman Sunarta saat ditemui di Kedongan, Kuta Selatan, Selasa (8/2/2022).

“Kami rencananya akan membuka pasar ikan harian, seminggu dua kali. Pasar ini akan menampung hasil tangkapan anggota Wana Segara Kerthi saja. Pembelinya juga adalah masyarakat Kedongan, dan hanya untik kebutuhan harian. Nantinya dalam bertransaksi itu kami akan menggunakan QRIS,” ujarnya.

Ia mengaku, saat ini anggotanya sudah menggunakan QRIS dalam bertransaksi. Termasuk anggota Wana Segara Kerthi Desa Kedongan Kecamatan Kuta Selatan Badung yang menjual hasil olahan mangrove. Ia mengatakan, ada 9 produk hasil olahan mangrove yang dijual oleh Kelompok Nelayan Wana Segara Kerthi.

Beberapa di antaranya adalah sabun, kripik, sirup, dan beberapa produk kosmetik dan asesoris lainnya yang sudah bertransaksi dengan QRIS. Bukan hanya itu. Pengunjung atau tamu yang akan menyewa perahu dan sebagainya, sudah melakukan pembayaran dengan QRIS.

Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Bali Trisno Nugroho mengatakan, nelayan di Desa Kedongan yakni Kelompok Nelayan Wana Segara Kerthi diakui sudah bisa menggunakan QRIS. “Mereka ini termasuk dalam desa wisata. Warung-warung kecil pun sudah menggunakan QRIS. Sekalipun mereka hanyalah ibu-ibu biasa, namun anak-anak mereka umumnya sudah mengenal QRIS. Mereka tinggal mengajarinya kepada orang tua mereka,” ujarnya. Trisno memberikan apresiasi yang besar kepada para nelayan Wana Segara Kerthi yang sudah menggunakan QRIS.

Sebagai bentuk apresiasi terhadap para nelayan yang sudah menggunakan QRIS, Trisno Nugroho mengajak Kapolda Bali Irjen Pol Putu Kayan Danu Putra, Danrem 163/Wira Satya Brigjen TNI Husein Asegaf dan seluruh undangan yang hadir untuk berbelanja souvernir dengan menggunakan QRIS. Aplikasi QRIS sudah disiapkan oleh ibu-ibu dari kelompok nelayan Wana Segara Kerthi.

Baca Juga :   JOOX Hadirkan Kolaborasi Akbar Lebih Dari Musik serta Lagu Original dan Seri Dokumenter SVARA

Transaksi yang terjadi hampir mendekati Rp 2 juta seperti sepatu, sandal, tas, dompet, dan berbagai asesoris lainnya. Belum lagi transaksi yang dilakukan oleh puluhan peserta dari GenBI yang hadir pada saat itu. Acara tersebut digelar dalam rangka perayaan HUT ke-51 KOREM 163/Wira Satya Bali bersama TNI AD, TNI AL, TNI AU, Polri dan berbagai unsur lainnya.