Pesan Purnajaya, pada Graduation Siswa Kelas XII: Berprestasi itu Perjuangan dan Berintegritas adalah Utama

0
942
Pelepasan siswa kelas XII SMA Negeri 1 Denpasar

Denpasar – Penyerahan beasiswa dari Komite dan penyerahan penghargaan untuk siswa yang berprestasi di bidang akademik, olahraga dan seni, berlangsung pada Graduation siswa-siswi SMAN 1 Denpasar kelas XII, Jumat (10/6) 2016 di halaman sekolah.Untuk peraih Nem tertinggi program studi IPA, diraih oleh Cindy Wifayani dengan nilai 558,5 sedangkan jurusan IPS diraih oleh Luna Seis Septiana Kuswanto, dengan nilai Nem 506,5.
 
Sementara prestasi bergengsi di bidang Akademis berhasil diraih oleh Kadek Anindya Putri kelas XII MIA 8 sebagai juara III tingkat Internasional Peneliti Belia di Rumania.Bidang seni diraih oleh Ni Made Sarah Manacika Naraswari MIA 5 kelas XII, yang berhasil menyabet juara II nasional lomba solo vokal putri dan lomba seni siswa.Dan untuk bidang olahraga, IGst Agung Diah Cahyaningrat kelas X MIA 9, juga sukses meraih juara I Internasional Judo Putri kelas 52 kilogram., INyoman Purnajaya, M.Pd, menyampaikan, jumlah siswa graduation untuk tahun 2016 ini, sebanyak 527 yang terdiri dari program studi IPA 498 dan 29 siswa dari program studi IPS.
 
Seusai acara Drs. I Nyoman Purnajaya, M.Pd, menuturkan,kelulusan siswa-siswinya tahun di bandingkan dengan tahun –tahun sebelumnya sangat berbeda,sebab mereka berada pada angkatan yang berbeda,baik variabel soal, variabel kemampuan yang berbeda, dan sistem yang berbeda..Akan tetapi dalam sisi proses SMAN 1 Denpasar sudah memiliki prediikat sekolah ber integritas .
 
Dan tahun ini di sempurnakan predikat itu,dengan melasanakan Ujian Nasional Berbasis Komputer. Selaku Kepala Sekolah, Purnajaya mengatakan, dengan UNBK dan Kelulusan ini diharapkan paradigma anak-anak berkembang,bukan hanya mengejar prestasi, tetapi integritas yang paling utama.Walau prestasi kali ini tidak berada di puncak,tetapi integritas berada di puncak, dan itulah kompensasinya terhadap kekurangan-kekurangan,” kata Purnajaya.
 
Menyinggung prestasi siswa di Rumania,Purnajaya lantas menjelaskan, itulah kompensasinya dari apa yang tidak dicapai tahun ini, bias di riah dari prestasi yang lain yaitu prestasi internasional bidang olympiade matematika, di bidang olahraga peringkat satu Yudo Dunia, prestasi di bidang teknologi dan sains, yaitu juara tiga bidang Penelitian Belia.
 
Selanjutnya menjawab pertanyaan, Purnajaya menjelaskan, dengan berbagai prestasi yang dicapai oleh kakak kelas, akan menginspirasi, adik-adiknya yang masih meneruskan pendidikan di SMAN 1 Denpasar, agar meraih prestasi yang lebih gemilang lagi di semua bidang, Dengan demikian mereka yang berprestasi dan berintegritas akan mendapat apresiasi beasiswa dari Komite. Tadinya ada 103 anak yang mendapat beasiswa, tetapi pada acara perpisahan dengan kelas XII, hanya 3 orang anak yang secara simbolis mewakili menerima beasiswa dari dana Komite Sekolah sebesar Rp 103.655.000,00. (fp)

Baca Juga :   SMK PGRI 3 Denpasar Lulusan 100 Persen dan Mendapatkan Lisensi LSP