Pantau Harga Barang Jelang Nataru, Menteri Perdagangan Sambangi Pasar Badung Denpasar

0
45
Menteri Perdagangan (Mendag) Agus Suparmanto mendatangi Pasar Badung Denpasar, Kamis (26/11/2020).

REPORTASEBALI, DENPASAR – Menteri Perdagangan (Mendag) Agus Suparmanto mendatangi Pasar Badung Denpasar, Kamis (26/11/2020). Kedatangan Mendag ke Pasar Badung adalah untuk memantau stabilitas harga bahan pokok menjelang Natal dan Tahun Baru (Nataru) Tahun 2020.

Tiba di Pasar Badung, Mendag langsung memasuki pasar dan bertemu dengan para pedagang. Pada kesempatan tersebut Mendag bertanya langsung kepada para pedagang tentang harga, stok dan sebagainya. Usai memantau harga, Mendag meninjau langsung sekolah pasar yang siswanya para wanita pedagang pasar. Sekolah pasar dilakukan dengan memenuhi seluruh protokol kesehatan.

Menurut Mendag, hingga saat ini harga kebutuhan pokok menjelang Nataru di Indonesia relatif stabil. Hal itu juga berlaku pasokan kebutuhan pokok masyarakat Indonesia jelang Nataru juga relatif stabil. Jika ada harga melebihi ketentuan maka pemerintah akan mengadakan operasi pasar.

Adapun harga sembako di Pasar Badung antara lain daging antara Rp100.000 hingga Rp120.000 per kilogram (Kg). Daging ayam sebesar Rp30.000 per Kg. Harga bawang merah Bima saat ini Rp27.000 per Kg atau naik Rp2.000 dari beberapa hari sebelumnya.

Ia mengatakan, memantau stabilitas harga dan supply barang adalah upaya pemerinta untuk menjaga ketahanan pangan dan stabilitas harga. “Hasil pantauan hari jni semuanya stabil. Harga normal. Semua kebutuhan pokok seperti daging, beras, bawang, cabe, semuanya normal. Pasokan atau stok juga normal. Semuanya terkendali,” ujarnya.

Mendag juga mengapresiasi penerapan protokol kesehatan di Pasar Badung yang sangat luar biasa. Fasilitas seperti cuci tangan, handsanitizer ada di setiap sudut pasar. Para pedagang juga menggunakan masker dan faceshield selama beraktifitas. Para pengunjung pun menerapkan protokol kesehatan dengan baik.

Di saat mengikuti sekolah pasar pun, para pedagang juga menerapkan protokol kesehatan dengan baik. Selain itu, Mendag juga memberikan apresiasi kemajuan Pasar Badung yang sudah membayar secara online dalam bertransaksi.