Pemprov Bali Umumkan Test PCR Gratis

0
54
Pemprov Bali Umumkan Test PCR Gratis

DENPASAR – Pemerintah Provinsi Bali mengumumkan secara resmi untuk melakukan test PCR gratis bagi seluruh warga di Bali. Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Bali Ketut Suarjaya mengatakan, test PCR gratis sudah dibuka sesungguhnya sejak awal Mei lalu.

Pertama, PCR gratis akan diberikan kepada warga yang merasa dirinya memiliki gejala Covid19 seperti demam, batuk-batuk, kehilangan indra perasa, indra penciuman, dan sejenisnya.

“Bagi warga yang mengalami gejala demikian silahkan datang ke Kantor UPTD Laboratorium Kesehatab Provinsi Bali Jl Angsoka Denpasar. Disana akan di-swab secara gratis, tanpa dipungut biaya apa pun,” ujarnya di Denpasar, Senin (17/5/2021).

Kelompok kedua adalah bagi mereka yang merasa pernah kontak erat dengan keluarga atau orang yang positif Covid19. Pada kasus kedua ini juga diperlakukan sama yakni akan di-swab PCR secara gratis.

“Swab gratis ini bertujuan agar mempercepat pemutusan rantai penularan Covid19. Karena bagi warga yang akhirnya diketahui positif maka akan ditangani dengan cepat, diketahui lebih dini dan bisa diatasi secara cepat,” ujarnya.

Masyarakat yang akan di-swab PCR gratis harus memenuhi syarat-syarat yang diperlukan. Bagi warga Bali harus membawa KTP asli Bali. Bagi warga luar Bali atau yang non KTP Bali cukup membawa KTP elektronik ditambah surat keterangan domisili atau surat keterangan dari perusahan tempat dimana dia bekerja. Semuanya akan dilayani setiap hari kerja.

Menurut Suarjaya, pembukaan swab gratis tersebut sudah diumumkan sejak awal Mei. Minat masyarakat untuk diperiksa gratis belum banyak tetapi sudah mulai menggeliat mulai pertengahan Mei 2021. “Ini dibuka untuk seterusnya sampai ada pemberitahuan lebih lanjut. Tujuannya agar rantai penularan lebih cepat diputus,” ujarnya.

Ia mengajak kepada seluruh masyarakat agar bisa memanfaatkan kesempatan ini untuk mendapatkan pemeriksaan secara gratis. Namun perlu diperhatikan yakni hanya untuk mereka yang memiliki gejala Covid19 dan yang pernah kontak erat dengan keluarga atau teman yang sudah terkonfirmasi positif Covid19.