CFD Pertama di Awal Tahun, Ratusan Anak-anak Mengikuti Bermain Lato-Lato Berhadiah

0
29
CFD Pertama di Awal Tahun, Ratusan Anak-anak Mengikuti Bermain Lato-Lato Berhadiah

REPORTASEBALI, KLUNGKUNG – Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta didampingi Ny. Ayu Suwirta berpesan kepada kepada generasi muda Kabupaten Klungkung, Boleh bermain, tetapi ingat kewajiban sebagai seorang anak dan sebagai seorang pelajar. Pesan ini di sampaikan Bupati Klungkung saat menyerahkan hadiah kepada pemenang kegiatan bermain Lato-Lato yang diselenggarakan pada kegiatan Car Free Day di Alun-Alun Ida Dewa Agung Jambe, Minggu (8/1).

Pelaksanaan Car Free Day di Kabupaten Klungkung pada Minggu pertama Tahun 2023 terasa berbeda karena didominasi oleh kehadiran generasi muda Klungkung. Hal ini dikarenakan para generasi muda melihat postingan pengumuman yang dibuat oleh Bupati Suwirta pada akun sosial media miliknya kemarin, bahwa akan diadakannya perlombaan bermain Lato-Lato tingkat SD dan SMP pada saat CFD, 8 Januari 2023.

Bupati Suwirta menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan kegiatan spontanitas setelah dirinya menyaksikan video Presiden RI saat memainkan lato-lato. Kegiatan ini bertujuan agar generasi muda dapat mengurangi waktu bermain menggunakan gadget, dan memberikan ruang bermain kepada anak-anak, serta dengan bermain Lato-Lato dapat melatih fungsi otak kanan dan otak kiri, dan melatih konsentrasi serta manfaat lainnya.

“Mari bimbing dan awasi anak-anak kita, jangan sampai mereka melakukan hal-hal yang negatif yang berdampak buruk bagi diri mereka dan orang-orang disekitarnya,”pesan Bupati Suwirta kepada para orang tua. Bupati Suwirta menambahkan bahwa kedepannya tidak menutup kemungkinan kegiatan CFD di Kabupaten Klungkung akan diisi dengan Permainan Tradisional.

Kegiatan ini diikuti oleh ratusan anak-anak tingkat SD dan SMP, dimana dalam pelaksanaan kegiatan ini dibagi menjadi babak demo, babak 20 besar, babak 10 besar, dan babak kreatif. Adapun penilaian dilakukan berdasarkan pada lamanya durasi bermain Lato-Lato. Kegiatan ini memperebutkan hadiah total kurang lebih 1,7 juta yang berasal dari dana pribadi Bupati Suwirta.