Implementasi SAP Jadi Momentum Transformasi di Pelindo III

0
1012
Pelindo III

“Tahun 2016 merupakan ICT based year” ungkap Direktur Keuangan U. Saefudin Noer pada pembukaan workshop dengan tema “Towards ICT – Based Enterprise Regional Bali – Nusra”, yang diselenggarakan pada hari Senin 11 April 2016 di Ruang Rapat Paruman Agung Pelindo III Cabang Benoa.
 
Maksud diadakannya Workshop Towards ICT – Based Enterprise ini adalah dalam rangka sosialisasi Master Plan Teknologi Informasi PT Pelabuhan Indonesia III (Persero) yakni implementasi SAP di Pelindo III yang mengusung tagline “Transform can be Fun”, i, Ch@Nge !.
 
“Implementasi SAP ini akan menjadi momentum transformasi di Pelindo III dan menjadi awal dari success story bagi Pelindo III serta membawa kisah bahagia tersendiri bagi setiap pegawai“ jelas pimpinan proyek (PMO) Abdul Rofiq Fanani.
 
PMO yang akrab disapa Ifan ini juga menambahkan “saat ini kita sudah sampai pada tahap Business Blueprint atau tahap kedua dari rangkaian lima tahap menuju SAP Go Live January 1st 2017” saat menjelaskan mengenai sejauh mana SAP Project saat ini dihadapan para General Manager dan Manager di lingkungan cabang Bali dan Nusa Tenggara yang mengikuti workshop ini.
 
Pada sesi kedua setelah ishoma, I Putu Sukadana menjelaskan mengenai teknis aplikasi yang akan digunakan pada saat kegiatan bongkar muat yakni GEN-C dan Spinner yang bisa dipantau melalui gawai masing – masing Manager untuk mengetahui tingkat produktifitas dan pendapatan secara langsung. “meskipun sedang cuti kita masih bisa mengontrol apakah ada orang yang bekerja dilapangan atau tidak saat kapal berkegiatan karena aplikasi ini realtime” ucap Putu.
 
“SAP hanya alat, tinggal bagaimana kita menggunakannya saja dan perlu kepemimpinan bapak-bapak untuk mentransfer ke bawahan masing-masing agar Pelindo III bisa tetap jaya kedepannya” kata Yusuf Rahmat dari Perdana yang merupakan rekanan dalam SAP project ini mengenai pentingnya Leadership dalam mendukung implementasi SAP di cabang.
 
Pada workshop ini juga diisi dengan sesi tanya jawab dan diskusi mengenai permasalahan yang muncul di Cabang Bali dan Nusra dengan dipandu oleh tim dari SAP Project dan Direktur SDM dan Umum Toto Heli Yanto. Direktur SDM dan Umum mengharapkan komitmen peserta dari semua cabang Bali dan Nusra dalam mendukung implementasi SAP Project ini “Para Manager harus menjadi Change Agent dalam membina para staffnya untuk menjalankan program-program pendukung SAP Project ini” jelas Direktur SDM Toto Heliyanto
Dalam kesempatan ini juga Direktur SDM dan Umum memberikan Apresiasinya kepada Peserta yang memiliki nilai Pre-test dan Post-test terbaik karena telah berhasil memahami maksud dan tujuan dari workshop Towards ICT – Based Enterprise ini.(hms).

Baca Juga :   Inflasi di Bali Naik Jelang Hari Raya