Swasembada Ekonomi Desa Adat Paksebali Mendapat Apresiasi Tingkat Nasional

0
176

REPORTASEBALI.COM – Desa adat Paksebali, Kecamatan Dawan, Klungkung, punya cara tersendiri untuk meningkatkan kesejahteraan ekonomi masyarakat desa. Dari awalnya banyak warganya yang keluar untuk mencari pekerjaan diluar desa, kini mereka lebih nyaman hidup di kampung sendiri dengan membuka usaha pendukung wisata.
&nbsp
Bendesa Adat Desa Paksebali I Putu Ariadi,ST.,SH.mengatakan, warga desa yang sebelumnya kekurangan lapangan pekerjaan kini mulai sadar dengan potensi alam yang ada di kampungnya.
&nbsp
“Kami mendorong warga untuk membuka usaha seiring pertumbuhan pariwisata di desa kami,” jelas,I Pt Ariadi,ST.,SH
&nbsp
Dengan demikian, lanjut I Pt Ariadi,ST.,SH.warga desa adat tersebut berangsur merubah pemikiran untuk tidak hidup di perantauan. Mengingat, secara ekonomi, kata pt ariadi mereka mampu mencukupinya dengan bermodalkan membuka usaha di daerahnya.
&nbsp
Selain itu, aktifitas warga Desa Adat Paksebali juga mulai dinamis. Berbagai kegiatan seperti bazar yang diadakan setiap periode tertentu kerap digelar di desa itu.
&nbsp
Aktifitas ekonomi itu dapat dimanfaatkan oleh semua warga desa untuk membuka gerai yang menjual aneka produksi.
&nbsp
Kemampuan pengelolaan desa itu kemudian membawa Desa Adat Paksebali meraih prestasi di tingkat Kabupaten, Provinsi dan sekarang tengah mengikuti kegiatan tingkat nasional.
&nbsp
“Tentunya ini membuat kami merasa bangga, dengan begitu desa kami menjadi lebih dikenal di tingkat nasional,” jelasnya. (Dayu)