MPLS Sejuk di SMK PGRI 3 Denpasar

0
1401

REPORTASEBALI.COM – Setiap pelaksanaan masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (mPLS), ANAK PGRI 3 Denpasar selalu menerapkan dengan cara sejuk dan humanis. Seperti yang ada pada kegiatan mPLS tahun ajaran 2017/2018 sekarang.
 
Siswa baru yang berjumlah 690 orang berkumpul di gedung II sekolah itu untuk menerima materi yang disampaikan guru. Tidak terlihat kesan kaku namun keceriaan yang diselingi tawa.
 
“Harus terjadi interaksi yang bagus antara guru dan murid. Dengan suasana cair, siswa lebih mudah menerima materi yang diajarkan,” jelas Kepala SMK PGRI 3 Denpasar, I Nengah Madiadnyana, Senin, 10 Juli 2017.
 
Madiadnyana menambahkan, para siswa baru ini juga tidak dipersyaratkan membawa atau mengerjakan aneka tugas yang irasional untuk dilakukan. Mereka murni mendapatkan bimbingan dan pengenalan lingkungan sekolah serta masyarakat yang ada di sekitar sekolah.
 
“Selama mPLS ini kita terapkan pendekatan humanisme. Mereka juga karena tak ajak berbaur di masyarakat bersama petugas kesehatan untuk membantu memantau jentik nyamuk,” ujarnya demikian.
 
Keterlibatan kepolisian dan petugas BNN dalam memberikan materi kenakalan remaja maupun narkoba, dikatakan Nengah Madiadnyana, penting untuk menambah wawasan para siswa baru tersebut. Kemudian, di sela-sela kegiatan mPLS, guru juga memberikan materi terkait wawasan kebangsaan.
 
“Ini penting buat siswa sebagai dasar mereka dalam memandang perbedaan dan sikap-sikap toleransi antar sesama,” jelas Madiadnyana.
 
Sementara itu, pelaksanaan mPLS di Kota Denpasar diselenggarakan secara serentak selama 3 hari. Sedangkan pengaturan jadual disesuaikan oleh kebijakan sekolah yang bersangkutan. (Dayu)

Baca Juga :   SMP PGRI 2 DENPASAR melakukan berbagai kegiatan lomba untuk menyambut hari raya saraswati