SMP PGRI 2 DENPASAR melakukan berbagai kegiatan lomba untuk menyambut hari raya saraswati

0
1010

REPORTASEBALI.COM – Rangkaian kegiatan menyambut hari turunnya Ilmu Pengetahuan atau Saraswati diperingati siswa-siswi SMP PGRI 2 Denpasar dengan berlomba membuat Lawar. Lawar, kuliner khas Bali yang nuga menjadi sarana upakara.
 
Kegiatan itu dirangkai dalam Gebyar Budaya SMP PGRI 2 Denpasar. Mengingat, rangkaian lomba sendiri bukan ngelawar saja tapi juga kegiatan lain yang biasa dilakukan pada saat mempersiapkan sebuah upakara.
 
Kepala SMP PGRI 2 Denpasar, I Gede Wenten Aryasuda menjelaskan, disitu ada kegiatan membuat canangsari atau sesajen lengkap, membuat pejati maupun perlengkapan yang digunakan dalam sebuah upacara agama Hindu di Bali.
 
“Ini jadi program unggulan selain kegiatan lain yang ada di SMP PGRI 2 Denpasar. Program lain yang kami punya diantaranya, Grisda Computer Championship (GCC) dan Grisda Art Championship (GAC),” jelas I Gede Wenten Aryasuda, Jumat, 18 Agustus 2017.
 
Kegiatan lomba budaya itu diikuti oleh kelas IX yang terbagi menjadi 11 tim kategori membuat kuliner lawar. Mereka saling adu ketrampilan dan keluwesan meracik bumbu maupun mencincang daging diatas kayu telenan.
 
Kerjasama dalam membuat kuliner Lawar, dikatakan Aryasuda, sangat dibutuhkan dan memiliki tingkat konsentrasi tinggi. Dalam tim pembuat lawar, ada manajemen yang harus dikelola dengan baik. Mereka saling berbagi tugas yang sarat nilai kegotongroyongan.
 
“Kami berikan kegiatan ini agar budaya ngelawar di tengah-tengah masyarakat tidak hilang. Banyak kita temukan nilai positif saat membuat kuliner Lawar, termasuk filosofi yang ada di dalamnya,” jelas Gede Wenten Aryasuda.
 
Terkait dengan kurikulum 2013, kegiatan lomba budaya itu mencakup pembekalan dasar entrepreneur untuk siswa. Keahlian membuat aneka masakan tradisional itu bisa dimanfaatkan kedepannya untuk swausaha. “Kegiatan ini memberikan banyak manfaat untuk siswa. Jadi memang ini yang menjadi goals kita kedepan,” jelas Aryasuda.(Dayu.m)

Baca Juga :   I Gusti Ngurah Gana Untaran dan Ida Ayu Natasha Padma Dewi Paranggi Dinobatkan Sebagai Putra -Putri Kampus ITB STIKOM Bali Tahun 2022