Wabup Suiasa Dampingi Panglima TNI dan Kapolri Tinjau Vaksinasi Drive Thru di MBG

0
47

BADUNG – Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto dan Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo didampingi Gubernur Bali I Wayan Koster dan Wakil Bupati Badung I Ketut Suiasa memantau proses vaksinasi Covid-19 secara drive thru yang digelar di Mall Bali Galeria (MBG) Kuta, Rabu (21/4).

Pada kesempatan tersebut Wabup Suiasa menyampaikan apresiasi kepada Panglima TNI dan Kapolri karena telah memberikan atensi yang sungguh-sungguh buat kehidupan di Bali guna mengembalikan perekonomian masyarakat melalui sektor pariwisata dengan memonitor pelaksanaan vaksinasi drive thru maupun vaksinasi mobile serta penegakan disiplin protokol kesehatan.

“Kami senantiasa bersinergi dalam pelaksanaan vaksinasi ini. Seperti sekarang dengan jajaran TNI, Polri termasuk pihak MBG dengan menggelar vaksinasi drive thru. Astungkara apa yang terlaksana ini mampu meningkatkan imun dan kekebalan tubuh masyarakat,” jelasnya.

Wabup Suiasa menjelaskan, Panglima TNI dan Kapolri juga sangat memberikan apresiasi dan sangat kagum dengan pola-pola, tahapan dan strategi yang dilaksanakan di Badung. “Beliau tidak menduga bahwa capaian, percepatan kita dalam memvaksinasi masyarakat begitu sangat luar biasa, ” jelas Suiasa.

Namun diakui upaya percepatan yang dilakukan agak tersendat akibat tidak lancarnya vaksin yang datang. Untuk itu dimohon vaksin untuk Badung dapat lebih cepat disuplai, sehingga dapat membangun kepercayaan publik dan pariwisata Bali segera pulih.

Panglima TNI Hadi Tjahjanto menjelaskan peninjauan ini guna melihat secara langsung pelaksanaan vaksinasi lanjutan yang saat ini dilaksanakan di dua tempat yaitu GOR Kepaon dan di Mall Bali Galeria secara drive thru. Untuk tenaga kesehatan melibatkan nakes dari TNI dan Polri sebanyak 80 nakes dengan peserta per hari kemarin sebanyak 1.198 orang.

Dengan sasaran masyarakat umum dan pekerja pariwisata. Diharapkan, dengan vaksinasi ini roda perekonomian masyarakat Bali segera pulih. Meskipun proses vaksinasi saat ini sudah berjalan, Hadi mengingatkan warga untuk tetap mematuhi protokol kesehatan (prokes) untuk mencegah penyebaran Covid-19.

“Kami harapkan masyarakat tetap patuhi prokes. TNI/Polri terus melaksanakan pengawasan prokes tersebut, tetap melaksanakan program PPKM. Harapan kita segera pulih 70 persen memiliki kekebalan sesuai peraturan dari WHO,” jelasnya.

Sementara itu Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo menyatakan pihaknya sangat mendukung pelaksanaan vaksinasi massal ini betul-betul dapat berjalan optimal di wilayah Bali.

“Dua program yang dilaksanakan, dengan memberlakukan PPKM Mikro dan vaksinasi massal ini dalam waktu cepat membentuk masyarakat yang kebal dan bisa menghadapi virus Covid-19. Harapan kita di satu sisi laju pertumbuhan Covid bisa ditekan, di sisi lain herd immunity masyarakat akan terbentuk. Sehingga pertumbuhan ekonomi masyarakat Bali segera pulih dan bangkit kembali, ” tambahnya.

Usai melihat dari dekat pelaksanaan vaksinasi drive thru, Panglima TNI dan Kapolri bersama rombongan juga sempat meninjau vaksinasi mobile di dalam area Mall Bali Galeria. Vaksinasi ini kerjasama Dinas Kesehatan Badung, Kecamatan Kuta dan MBG. Vaksinasi ini sendiri telah dimulai dari hari Selasa 20 April hingga Jumat 23 April, dengan sasaran 3.200 orang dari karyawan MBG dan masyarakat umum sekitar Kuta.