Festival Karmany SMANSA Undang Bondan Prakoso dan GAC

0
1127

REPORTASEBALI.COM – SMA Negeri 1 Denpasar untuk kesepuluh kalinya menggelar Festival Karmany SMANSA (FKS). Kegiatan ekstrakurikuler siswa itu mengundang musisi Bondan Prakoso dan Gamaliel Audrey Cantika (GAC) yang kondang lewat lagu cover Galih dan Ratna.
 
Festival Karmany SMANSA, menurut Kepala SMA Negeri 1 Denpasar, M. Rida, S.Pd., M.Pd, menjadi kegiatan awal tahun sebelum agenda Gempita Karmany yang digelar bertepatan dengan HUT sekolah.
 
“FKS biasa kita adakan di sekolah, tapi kalau GKS biasanya diluar sekolah,” jelas M. Rida, Jumat, 23 Februari 2018.
 
FKS secara rutin digelar setahun sekali dengan merubah total suasana halaman sekolah menjadi pagelaran konser musik. Rida mengatakan, halaman sekolah itu Setidaknya memiliki kapasitas diatas 1.000 orang.
 
FKS menampilkan berbagai kreatifitas seni siswa. Semua diinisiasi dan dimotori sendiri oleh OSIS sekolah tersebut. “90 persen kegiatan yang ditampilkan merupakan kegiatan ekstra di sekolah. Namun dikembangkan lebih luas oleh anak-anak kami. Sehingga, jadilah kegiatan yang cukup spektakuler seperti sekarang,” ujar Rida.
 
Kreatifitas siswa SMANSA itu diapresiasi secara penuh oleh pihak sekolah. Rida mengatakan, persiapan yang dilakukan oleh siswa menunjukkan kemampuan mereka mengelola sebuah event. Menurut Rida, disitu ada jiwa enterpreuner yang dikembangkan oleh siswa.
 
Salah satunya, bagaimana para siswa menggali dana untuk kegiatan mereka. Mengingat, sekolah secara moril mendukung kegiatan siswa dan ikut terlibat dalam pembinaan.
 
_IMG_000000_000000
 
“Untuk pendanaan mereka menggali sendiri, salah satunya sponsor yang hadir disini. 90 persen dari sponsor dan 10 persen, mereka mengumpulkan biaya sendiri,” ujar Rida.
 
Untuk menutup sisi pembiayaan, di hari pertama FKS tiket dirilis dengan bandrol Rp 50 ribu. Sedangkan hari kedua harga tiket masuk Rp 65 ribu. “Hari pertama bintang tamunya Bondan Prakoso dan hari kedua puncaknya adalah penampilan GAC,” jelas Rida.
 
Nuansa arena konser yang memanfaatkan halaman sekolah terlihat sejak masuk gerbang sekolah. Disitu dipasang sekat-sekat besi, ditambah kain hitam dengan pencahayaan minim yang menampilkan kedalaman sebuah arena konser musik. (day)

Baca Juga :   Pelepasan siswa kelas XII SMK Yaparindo Klungkung