Konsep Cukup Air, Sanitasi dan 0 persen Kawasan Kumuh Akan Diterapkan di Desa Tegak, Klungkung

0
230

REPORTASEBALI.COM – Program ketersediaan 100 persen air minum, 0 persen kawasan kumuh, dan 100 persen fasilitas sanitasi serta drainase digeber Bupati Klungkung, I Nyoman Suwirta. Pihaknya ingin, menjadikan Desa Tegak ini, sebagai Desa dengan Program 100:0:100.
 
“Sanitasi disini (Desa Tegak) perlu secepatnya diperbaiki,” kata Bupati Suwirta saat melakukan bedah desa ke-36 di Desa Tegak, Kecamatan Klungkung, Jumat (26/1/2018).
 
Dalam bedah desa tersebut, Bupati Suwirta mengajak semua OPD di Kabupaten Klungkung terjun langsung ke Desa. Hal ini untuk mengetahui secara pasti, kondisi dan permasalahan yang terjadi di desa, dengan empat dusun ini.
 
Diantaranya Dusun Tengah, Kaja Kangin, Bajing dan Dusun Tulang Nyuh. Desa ini juga memiliki beberapa Potensi Wisata Spiritual/Agro. Seperti Tirta Sudamala Centeng, Sumber Mata Air di Pendawa, Sarkofagus serta potensi lainnya.
 
Terkait dengan kemiskinan di desa ini, Suwirta menyatakan Pemerintah akan memberikan bantuan pendampingan kepada KK Miskin yang masih berusia produktif, agar bisa terlepas dari kemiskinan.
 
“Mereka akan kita berikan pendampingan dengan bantuan para Yowana Gema Santi yang sudah berada di masing-masing Desa di Kabupaten Klungkung,” ujar Bupati Suwirta.
 
Dalam kegiatan Bedah Desa tersebut, Bupati Suwirta didampingi Ketua KKKS Kabupaten Klungkung, Ny Ayu Suwirta juga menyerahkan bantuan sembako.
 
Bersama dinas terkait, Bupati mendata beberapa KK miskin yang ada di Desa Tegak untuk diusulkan memperoleh bantuan bedah rumah/rehab rumah.
 
Pada kesempatan ini, Bupati juga meninjau proses pembuatan Kain Tenun yang terdapat di Desa Tegak. (*)