Danrem 163 Wira Satya : Peringatan Hari Lahir Pancasila Harus Memperkokoh Kehidupan Berbangsa Dan Bernegara

0
30
Foto Bersama usai mengikuti Peringatan Hati Lahir Pancasila Tahun 2021 secara virtual di Gedung Jaya Sabha, Denpasar

REPORTASEBALI.ID, DENPASAR – Momentum Peringatan Hari Lahir Pancasila 1 Juni 2021 atau dalam usianya yang ke 76 harus dapat dimanfaatkan dan makin memperkokoh pemahaman dan pengamalan kita terhadap nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

Pancasila sebagai dasar dan falsafah negara sudah merupakan hal final bagi Bangsa Indonesia yang sudah dirumuskan oleh para pendahulu kita yang dinilai paling tepat untuk mengikat dan membingkai bangsa dengan berbagai keanekaragamannya.

Perumusan telah melalui tiga tahap dimana diawali oleh Bung Karno pada 1 Juni 1945, kemudian dibahas lagi oleh Panitia Sembilan pada 22 Juni 1945 sampai pada akhirnya disepakati dan diputuskan oleh Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia pada tanggal 18 Agustus 1945. Jadilah Pancasila sebagai dasar negara seperti termaktub dalam alenia ke empat Pembukaan UUD Negara Republik Indonesia 1945.

Demikian disampaikan oleh Danrem 163/Wira Satya Brigjen TNI Husein Sagaf, S.H., Selasa (01/06/2021) di Denpasar, usai mengikuti Peringatan Hati Lahir Pancasila Tahun 2021 secara virtual di Gedung Jaya Sabha, Denpasar.

Menyimak amanat Presiden RI Ir. Joko Widodo pada Peringatan Hari Lahir Pancasila dari Gedung Pancasila Istana Bogor yang mengatakan kehidupan berbangsa dan bernegara yang berdasarkan Pancasila ke depannya tentu tidak semakin ringan di tengah era globalisasi dan kompetisi sehingga menjadi tantangan tersendiri bagi Bangsa Indonesia untuk dapat semakin baik dan kuat.

“Tugas kita untuk terciptanya situasi yang makin baik dan maju adalah bagaimana memahami Pancasila sebagai ideologi dan falsafah bangsa secara baik, benar dan utuh serta mengurangi dan mengeliminasi potensi disintegrasi bangsa”, jelas Danrem.

Sementara itu secara internal Korem 163/Wira Satya dan Kodim Jajaran mengikuti Peringatan Hari Lahir Pancasila secara virtual dari Markas Komando Satuan masing-masing.

Di Makorem 163/Wiira Satya bertempat di Gedung Wira Satya dipimpin oleh Kepala Staf Korem 163/Wira Satya Kolonel Inf Ida Bagus Ketut Surya Wedana, S.E., dengan melibatkan Para Kasi, Para Kabalak dan Perwira lainnya. Untuk di Kodim Jajaran kegiatan dipimpin dan dikoordinir oleh Para Dandim.