Haji Uma Apresiasi Gubernur Aceh Terkait Peningkatan Kesejahteraan dan Mutu Guru

0
595

REPORTASEBALI.COM – Anggota DPD RI asal Aceh H. Sudirman atau akrap dikenal Haji Uma mengapresiasi pernyataan Gubernur Aceh, Irwandi Yusuf yang disampaikan kepada sejumlah wartawan saat memberikan sambutan pada acara Rapat Kerja Daerah, Apresiasi Paud dan Apresiasi Gugus Paud Tingkat Provinsi Aceh di Hotel Grand Aceh Syariah, Sabtu (30/09/17).
 
Haji Uma mengatakan apa yang disampaikan Gubernur Aceh patut diapresiasi. Dalam hal ini, terlihat political will dan langkah kongkrit dari Pemerintah Aceh kedepan dalam upaya untuk meningkatkan kesejahteraan guru dan kualitas mutu pendidikan di Aceh.
 
“Perhitungan Gubernur sudah tepat karena pada kenyataannya saat ini lebih kurang 11.392 orang guru honor di Aceh yang menggantungkan nasip dari profesi sebagai tenaga pengajar. Jika setiap guru honor rata-rata memiliki tanggungan 3 orang dalam keluarga, maka 34.276 jiwa akan terselamatkan dan merasakan dampak manfaat dari kebijakan”, kata Haji Uma.
 
Menurut Haji Uma, kesejahteraan guru tentunya menjadi salah satu faktor kunci dalam upaya meningkatkan mutu pendidikan. Sehingga langkah menaikkan upah guru sesuai UMR disatu sisi dan upaya menseleksi ulang kompetensi dan mutu guru disisi lainnya sudah sangat tepat dan adil. Karena logikanya, mutu guru akan sangat berpengaruh pada mutu pendidikan.
 
Namun, Haji Uma berharap bagi guru yang nanti tidak lulus dalam seleksi ulang uji kompetensi seyogianya juga diformulasikan langkah alternatif, sehingga tidak timbul masalah baru. Misalnya dengan memberikan mereka peningkatan kapasitas dan penempatan pada perusahaan swasta di Aceh sebagaimana wacana yang mengemuka sebelumnya.
 
Diakhir tanggapannya, Haji Uma mengharapkan agar terbangun sinergi kuat dengan pemerintah kabupaten/kota dalam mendukung kebijakan ini. Dengan kondisi mutu pendidikan kita saat ini, sudah seharusnya pemerintah daerah menyusun strategi kebijakan untuk pembenahan kedepan.(DM)

Baca Juga :   Siswa SD Saraswati 6 Denpasar Menang Lomba FAC Faber-Castell ke Thailand